-->

Peta Memposisikan Product (Map Product Positioning)

Peta Memposisikan Product (Map Product Positioning)

Setelah melaksanakan segmentasi pasar dalam usaha membidik kelompok pelanggan tertentu, langkah berikutnya ialah menemukan apa yang diinginkan pelanggan. Pemosisian (positioning) berarti membuat gambar yang mencerminkan bagaimana produk atau jasa anda dimata konsumen setelah melaksanakan analisa terhadap konsumen. Langkah – langkah yang diharapkan dalam pemosisian produk:
a. Memilih kriteria kunci yang secara efektif membedakan produk atau jasa dalam industri.
b. Membuat diagram dua dimensi peta pemosisian produk dengan kriteria yang ditetapkan pada setiap sumbu.
c. Menempatkan produk/jasa pesaing dalam resultan matriks empat kuadran.
d. Mengidentifikasi bidang – bidang dalam peta pemosisian kawasan produk atau jasa paling dapat bersaing dalam pasar sasaran tertentu.
e. Mengembangkan rencana pemasaran untuk memposisikan produk atau jasa perusahaan secara tepat.
Karena hanya dua kriteria yang dapat dikaji pada suatu peta pemosisian produk,

harus banyak peta yang dibuat untuk menilai aneka macam pendekatan terhadap implementasi strategi. Beberapa ajaran dasar untuk menggunakan peta pemosisian
a. Carilah lubang atau ceruk yang kosong
b. Jangan menempatkan diri diantara segmen. Segala kelebihan dari berada diantara segmen (seperti sasaran pasar yang lebih besar )dihilangkan dengan kegagalan memuaskan satu segmen.
c. Jangan melayani dua segmen dengan taktik yang sama . Biasanya taktik yang berhasil dengan satu segmen tidak secara pribadi dipindahkan ke segmen lain.
d. Jangan memposisikan diri anda di tengah - tengah peta. Bagian tengah biasanya berarti taktik yang secara tidak terang dianggap mempunyai karakteristik yang membedakan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser