Komitmen pada organisasi merupakan suatu keadaan dimana seorang karyawan memihak pada suatu organisasi dan tujuan-tujuannya, serta berniat memelihara keanggotaan dalam organisasi itu. (Robbins,2001:140)
Mengingat betapa pentingnya suatu kesepakatan dalam berorganisasi maka tidaklah berlebihan kalau komitmen tersebut harus dibangun dipelihara dan ditingkatkan.
Memperkuat komitmen Karyawan dalam suatu organisasi dapat dilakukan dua cara yaitu dengan mengurangi tuntutan kerja karyawan dan meningkatkan kemampuan karyawan.
1. Mengurangi Tuntutan Karyawan :
2. Meningkatkan Kemampuan Karyawan
Mengingat betapa pentingnya suatu kesepakatan dalam berorganisasi maka tidaklah berlebihan kalau komitmen tersebut harus dibangun dipelihara dan ditingkatkan.
Memperkuat komitmen Karyawan dalam suatu organisasi dapat dilakukan dua cara yaitu dengan mengurangi tuntutan kerja karyawan dan meningkatkan kemampuan karyawan.
1. Mengurangi Tuntutan Karyawan :
- Menentukan Prioritas yang bertujuan mengurangi tuntutan kerja karyawan dengan melaksanakan acara yang berkhasiat dan menunda atau menghilangkan acara yang tidak berguna.
- Menetapkan fokus, tuntutan karyawan dapat terlalu tinggi sebab tidak terpusatkan, sebuah perusahaan dapat melaksanakan dengan menerapkan beberapa acara yang sangat penting saja. Dalam hal ini fokus dengan menentukan tema bagi acara perusahannya
- Melakukan rekayasa, rekayasa proses produksi dapat mengurangi tuntutan kerja karyawan, rekayasa tersebut dapat berupa memperpendek jalur, otomatisasi, dan penyederhanaan kerja.
2. Meningkatkan Kemampuan Karyawan
- Kontrol ialah menyampaikan karyawan kewenangan untuk mengontrol keputusan mengenai bagaimana mengerjakan pekerjaan mereka
- Strategi atau visi yaitu menunjukkan kepada karyawan visi dan isyarat yang membuat mereka memiliki kesepakatan untuk berkerja keras.
- Tantangan kerja yaitu memberi karyawan stimulasi kerja yang dapat mengembangkan ketrampilan baru
- Kolaborsi dan team work ialah membentuk tim untuk melaksanakan pekerjaan
- Kultur kerja yaitu membangun suatu lingkungan dan susana keterbukaan,menarik, menyenangkan dan penuh penghargaan
- Membagi keuntungan ialah menyampaikan kompensasi kepada karyawan sebab menyelesaikan pekerjaan dengan baik
- Komunikasi yaitu membuatkan gosip sesering mungkin dan secara terbuka
- Perhatian ialah memastikan bahwa setiap karyawan diperlakukakn sesuai martabatnya.
- Teknologi yaitu menyampaikan karyawan teknologi yang membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah.
- Pelatihan dan pengembangan ialah memastikan karyawan memiliki keterampilam untuk mengerjakan pekerjaan mereka dengan baik