-->

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham

Menurut Alwi (2003, 87), ada beberapa faktor yang mensugesti pergerakan harga saham atau indeks harga saham, antara lain:
1. Faktor Internal (Lingkungan mikro)
- Pengumuman ihwal pemasaran, produksi, penjualan menyerupai pengiklanan, rincian kontrak, perubahan harga, penarikan produk baru, laporan produksi, laporan keamanan produk, dan laporan penjualan.
- Pengumuman pendanaan (financing announcements), menyerupai pengumuman yang bekerjasama dengan ekuitas dan hutang.
- Pengumuman tubuh direksi administrasi (management-board of director announcements) menyerupai perubahan dan pergantian direktur, manajemen, dan struktur organisasi.
- Pengumuman pengambilalihan diversifikasi, menyerupai laporan merger, investasi ekuitas, laporan take over oleh pengakuisisian dan diakuisisi, laporan divestasi dan lainnya.
- Pengumuman investasi (investment annuncements), menyerupai melaksanakan ekspansi pabrik, pengembangan riset dan, penutupan usaha lainnya..
- Pengumuman ketenagakerjaan (labour announcements), menyerupai negoisasi baru, kontrak baru, pemogokan dan lainnya.
- Pengumuman laporan keuangan perusahaan, menyerupai peramalan laba sebelum selesai tahun fiskal dan setelah selesai tahun fiskal, earning per share (EPS) dan dividen per share (DPS), price earning ratio, net profit margin, return on assets (ROA), dan lain-lain.

2. Faktor eksternal (Lingkungan makro)
Diantaranya antara lain :
- Pengumuman dari pemerintah menyerupai perubahan suku bunga tabungan dan deposito, kurs valuta asing, inflasi, serta aneka macam regulasi dan deregulasi ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah.
- Pengumuman hukum (legal announcements), menyerupai tuntutan karyawan terhadap perusahaan atau terhadap manajernya dan tuntutan perusahaan terhadap manajernya.
- Pengumuman industri sekuritas (securities announcements), menyerupai laporan pertemuan tahunan, insider trading, volume atau harga saham perdagangan, pembatasan/penundaaan trading.
- Gejolak politik dalam negeri dan fluktuasi nilai tukar juga merupakan faktor yang besar lengan berkuasa signifikan pada terjadinya pergerakan harga saham di bursa efek suatu negara.
- Berbagai gosip baik dari dalam negeri dan luar negeri.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser